Juni 22, 2021
anies

Di Tengah Ujaran Kebencian, Anies Malah Terpilih Sebagai Wakil Ketua C40 Cities

Lensarakyat.id — Di tengah karantinanya karena reaktif Covid-19, Anies Baswedan terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities. Ia mendampingi Yuriko Koike, yang menjabat sebagai ketua sekaligus perwakilan dari kota Tokyo, Jepang.

C40 Cities merupakan organisasi gubernur di kota-kota besar dunia yang beranggotakan 97 kota sebagai perwakilan dari setiap negara, yang bersama-sama untuk berkomitmen dalam menangani masalah perkotaan agar bisa menghadapi perubahan iklim yang sangat cepat ini. Harapannya, kota-kota besar tersebut mampu menjadi kota yang indah, bersih, sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Perlu diketahui, C40 meakili lebih dari 700 juta warga dunia.

Menurut kompas.com, sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40, Anies berperan memberi arahan strategis dalam rangka mengatasi krisis iklim pada jaringan 97 kota itu.

“Perkembangan terkini di kawasan Asia Timur, Tenggara, dan Oseania telah menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu kolaborasi bersama generasi muda, sektor swasta, pemerintah nasional, serta mitra non-pemerintah lokal maupun internasional,” ungkap Anies melalui keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta.

Di tengah-tengah masa pandemic yang juga belum usai ini, Anies selaku wakil ketua C40 mendukung dan memberikan arahan agar melakukan pemulihan ekonomi dengan cara-cara yang bersahabat dengan lingkungan serta berkeadilan. Hal itu juga senada dengan perjanjian C40 di Paris yang telah lalu.

“Jakarta bertekad memperluas jangkauan C40 untuk bekerja sama dengan kota dan para pemangku kepentingan lainnya, dalam rangka memenuhi tujuan dari implementasi aksi iklim yang transformatif, mengacu pada Perjanjian Paris (Paris Agreement),” ujar Anies.

Sumber Gambar: iNews

Pilihan Lain

Leave a Comment